Posted By. Manggala Sukma
1. Tempat Kelahiran Imam Al- Ghazali
Imam
Al-Ghazali nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad
Al-Ghazali, yang terkenal dengan hujjatul Islam (argumentator islam)
karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran
bid’ah dan aliran
rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan
1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah
Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Beliau
dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya adalah seorang
pengrajin wol sekaligus sebagai pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat
keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama
dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat
kepada umat.
Itulah sebabnya,
ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam al-Ghazali) dan saudarnya
(Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan pada teman ayahnya, seorang
ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan didikan.
Meskipun dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak menjadikan beliau merasa rendah atau malas, justru beliau semangat dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan,
dikemudian beliau menjelma menjadi seorang ‘ulama besar dan seorang
sufi. Dan diperkirakan imam Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai
seorang sufi sampai usia 15 tahun (450-456)
2. Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan
imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah kelahirannya.
Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar ilmu keagamaan
ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari dasar-dasar
pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya (seorang ahli
tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan keduanya,
beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam (al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam al-Ghazli (ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf
Santunan
kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh pada
imam Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai mahir
dalam madzhab, khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik, membaca
hikmah, dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan yang
luas.
Setelah imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara
tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang
lain dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di
Jurjan. Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di
tempat kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil
belajar tasawuf kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam
Al-Ghazali berkenalan dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan
mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali
menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam Haramain merasa bangga
dengan pretasi muridnya.
Walaupun
kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani
wafat, beliau memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk,
perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah
al nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf
kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084
M).
Setelah gurunya wafat, al
Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan
Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk berdebat
dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya semakin
populer dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M,
imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah Nidzhamiyah, ini
dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal. Selama megajar di
madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali mendalami filsafat secara
otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn miskawih dan Ikhwan
Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti dalam karyanya
seperti al maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada
tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap
ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau
menderita penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam
al Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di
madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju
kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota
Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau
pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan ibadah serupa.
Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Sepulang
dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota kelahirannya di Thus,
disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan skeptis sampai
berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau menulis karyanya
yang terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of the religious ( menghidupkan kembali ilmu agama).
Karena
disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur tetapi
berselang selam dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para fuqoha dan
jawiyah atau khanaqoh untuk para mustafifah. Di kota inilah (Thus)
beliau wafat pada tahun 505 H / 1 desember 1111 M.
Abul
Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakn, Ahmad
saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid berwudhu
dan melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain kafan untukku kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku mendengar dan taat
untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap
kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu meninggal dunia
menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari senin 14
Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al
Tabiran, ibu kota Thus.
B. Guru dan Panutan Imam Al Ghazali
Imam al Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan
demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang
tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang
lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
C. Murid-Murid Imam Al Ghazali
Imam
Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah
nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula
beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam
Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al
ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh
pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al
Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di
Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H),
beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau
adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah
minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.
Dengan demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara
murid–murid beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid
beliau menjadi ulama besar dan pandai mengarang kitab.
D. Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam Al Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi, kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini
dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa
keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para
filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab ini
merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam keadaan
berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang berisi
panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab
ini merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri dan
merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai
tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at ta’wil
(obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta cara-cara
penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
BAB TAMBAHAN
KESETIAAN IMAM AL GHAZALI KEPADA GURUNYA.
Walupun
kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia terhadap
gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada tahun 478
H. sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan imam al-Ghazali kepada
Nidham Al Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik Syah, Nidham adalah
pendiri madrasah al- nidzamiyah. Di Nashabur ini imam al Ghazali sempat
belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Fadl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi
(w. 477 H/1084 M)
Setelah gurunya
wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk
berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat
kehormatan untuk berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan yang
dimenangkan ini, namanya semakin populer dan desegani karena keluasan
ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat menjadi guru
besar di madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan dalam bukunya al mungkiz
min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan tekunnya imam al
Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al
Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya terhadap
filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al Falasifah.
Pada
tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan(ekeptis) trhadap
ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan filsafat). Keraguan
pekerjaannya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehungga beliau
menderita penyakit selam adua bulan
Aqidah dan Madzhab Beliau
Dalam masalah fikih, beliau seorang yang bermazhab Syafi’i. Nampak dari karyanya Al Wasith, Al Basith dan Al Wajiz. Bahkan kitab beliau Al Wajiz
termasuk buku induk dalam mazhab Syafi’i. Mendapat perhatian khusus
dari para ulama Syafi’iyah. Imam Adz Dzahabi menjelaskan mazhab fikih
beliau dengan pernyataannya, “Syaikh Imam, Hujjatul Islam, A’jubatuz
zaman, Zainuddin Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad
Ath Thusi Asy Syafi’i.”
Sedangkan
dalam sisi akidah, beliau sudah terkenal dan masyhur sebagai seorang
yang bermazhab Asy’ariyah. Banyak membela Asy’ariyah dalam membantah
Bathiniyah, para filosof serta kelompok yang menyelisihi mazhabnya.
Bahkan termasuk salah satu pilar dalam mazhab tersebut. Oleh karena itu
beliau menamakan kitab aqidahnya yang terkenal dengan judul Al Iqtishad Fil I’tiqad.
Tetapi karya beliau dalam aqidah dan cara pengambilan dalilnya,
hanyalah merupakan ringkasan dari karya tokoh ulama Asy’ariyah sebelum
beliau (pendahulunya). Tidak memberikan sesuatu yang baru dalam mazhab
Asy’ariyah. Beliau hanya memaparkan dalam bentuk baru dan cara yang
cukup mudah. Keterkenalan Imam Ghazali sebagai tokoh Asy’ariyah juga
dibarengi dengan kesufiannya. Beliau menjadi patokan marhalah yang
sangat penting menyatunya Sufiyah ke dalam Asy’ariyah.
Akan
tetapi tasawuf apakah yang diyakini beliau? Memang agak sulit
menentukan tasawuf beliau. Karena seringnya beliau membantah sesuatu,
kemudian beliau jadikan sebagai aqidahnya. Beliau mengingkari filsafat
dalam kitab Tahafut, tetapi beliau sendiri menekuni filsafat dan menyetujuinya.
Ketika
berbicara dengan Asy’ariyah tampaklah sebagai seorang Asy’ari tulen.
Ketika berbicara tasawuf, dia menjadi sufi. Menunjukkan seringnya beliau
berpindah-pindah dan tidak tetap dengan satu mazhab. Oleh karena itu
Ibnu Rusyd mencelanya dengan mengatakan, “Beliau tidak berpegang
teguh dengan satu mazhab saja dalam buku-bukunya. Akan tetapi beliau
menjadi Asy’ari bersama Asy’ariyah, sufi bersama sufiyah dan filosof
bersama filsafat.” (Lihat Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal. 110).
Adapun orang yang menelaah kitab dan karya beliau seperti Misykatul Anwar, Al Ma’arif Aqliyah, Mizanul Amal, Ma’arijul Quds, Raudhatuthalibin, Al Maqshad Al Asna, Jawahirul Qur’an dan Al Madmun Bihi Ala Ghairi Ahlihi,
akan mengetahui bahwa tasawuf beliau berbeda dengan tasawuf orang
sebelumnya. Syaikh Dr. Abdurrahman bin Shalih Ali Mahmud menjelaskan
tasawuf Al Ghazali dengan menyatakan, bahwa kunci mengenal kepribadian
Al Ghazali ada dua perkara:
Pertama,
pendapat beliau, bahwa setiap orang memiliki tiga aqidah. Yang pertama,
ditampakkan di hadapan orang awam dan yang difanatikinya. Kedua,
beredar dalam ta’lim dan ceramah. Ketiga, sesuatu yang dii’tiqadi
seseorang dalam dirinya. Tidak ada yang mengetahui kecuali teman yang
setara pengetahuannya. Bila demikian, Al Ghazali menyembunyikan sisi
khusus dan rahasia dalam aqidahnya.
Kedua,
mengumpulkan pendapat dan uraian singkat beliau yang selalu
mengisyaratkan kerahasian akidahnya. Kemudian membandingkannya dengan
pendapat para filosof saat beliau belum cenderung kepada filsafat
Isyraqi dan tasawuf, seperti Ibnu Sina dan yang lainnya. (Mauqif Ibnu Taimiyah Minal Asyariyah 2/628).
Beliau
(Syeikh Dr. Abdurrahman bin Shalih Ali Mahmud) menyimpulkan hasil
penelitian dan pendapat para peneliti pemikiran Al Ghazali, bahwa
tasawuf Al Ghazali dilandasi filsafat Isyraqi (Madzhab Isyraqi dalam
filsafat ialah mazhab yang menyatukan pemikiran dan ajaran dalam
agama-agama kuno, Yunani dan Parsi. Termasuk bagian dari filsafat Yunani
dan Neo-Platoisme. Lihat Al Mausu’ah Al Muyassarah Fi Al Adyan Wal Madzahibi Wal Ahzab Al Mu’ashirah,
karya Dr. Mani’ bin Hamad Al Juhani 2/928-929). Sebenarnya inilah yang
dikembangkan beliau akibat pengaruh karya-karya Ibnu Sina dan Ikhwanush
Shafa. Demikian juga dijelaskan pentahqiq kitab Bughyatul Murtad dalam mukadimahnya. Setelah menyimpulkan bantahan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah terhadap beliau dengan mengatakan, “Bantahan
Ibnu Taimiyah terhadap Al Ghazali didasarkan kejelasannya mengikuti
filsafat dan terpengaruh dengan sekte Bathiniyah dalam menta’wil
nash-nash, walaupun beliau membantah habis-habisan mereka, seperti dalam
kitab Al Mustadzhiri. Ketika tujuan kitab
ini (Bughyatul Murtad, pen) adalah untuk membantah orang yang berusaha
menyatukan agama dan filsafat, maka Syaikhul Islam menjelaskan bentuk
usaha tersebut pada Al Ghazali. Yang berusaha menafsirkan nash-nash
dengan tafsir filsafat Isyraqi yang didasarkan atas ta’wil batin
terhadap nash, sesuai dengan pokok-pokok ajaran ahli Isyraq (pengikut filsafat neo-platonisme).” (Lihat Mukadimah kitab Bughyatul Murtad hal. 111).
Tetapi
perlu diketahui, bahwa pada akhir hayatnya, beliau kembali kepada
ajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah meninggalkan filsafat dan ilmu kalam,
dengan menekuni Shahih Bukhari dan Muslim. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Penulis
Jawahirul Qur’an (Al Ghazali, pen) karena banyak meneliti perkataan
para filosof dan merujuk kepada mereka, sehingga banyak mencampur
pendapatnya dengan perkataan mereka. Pun beliau menolak banyak hal yang
bersesuaian dengan mereka. Beliau memastikan, bahwa perkataan filosof
tidak memberikan ilmu dan keyakinan. Demikian juga halnya perkataan ahli
kalam. Pada akhirnya beliau menyibukkan diri meneliti Shahih Bukhari
dan Muslim hingga wafatnya dalam keadaan demikian. Wallahu a’lam.”
=============================
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada
Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.